Kamis, 16 April 2020

Polda Metro Jaya Salurkan Bantuan Rp 600 Ribu ke 40.000 Sopir DKI Terdampak Corona

Faktaexpose.com Jakarta - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyalurkan bantuan dari Presiden RI Joko Widodo kepada para sopir angkutan umum yang terdampak virus Corona (COVID-19). Para sopir angkutan umum diberi bantuan Rp 600 ribu per bulan.

"Sopir taksi, sopir bus, kernet bus, sopir angkot (awak angkutan umum penumpang) yang dianggap paling terdampak akibat adanya kebijakan stay at home," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Kamis (16/4/2020).

Program tersebut resmi diluncurkan oleh Korlantas Polri pada Rabu (15/4) kemarin. Tahap awal, Ditlantas Polda Metro Jaya telah menyalurkan bantuan kepada para sopir taksi BlueBird di pool Kalibata, Jakarta Selatan, pada Rabu (15/4/2020).

"Bapak presiden membantu kesulitan para sopir angkutan umum, bekerja sama dengan Polri, kemudian melaksanakan suatu program yang disebut dengan program keselamatan 2020 yang mengkombinasikan antara pelatihan dan pemberian bantuan. Jadi nanti setelah mereka selesai latihan nanti akan mendapatkan bantuan jumlahnya sebesar Rp 600 ribu per bulan per orang," jelas Kombes Pol Sambodo.

Bantuan tersebut akan diberikan selama 3 bulan, mulai April hingga Juni 2020. Di DKI Jakarta sendiri tercatat ada 40 ribu pengemudi angkutan umum, baik sopir taksi, bus, maupun bajaj.

"Karena kita tahu semua latar belakangnya adalah adanya kebijakan stay at home ini ada beberapa profesi yang paling terdampak, tentunya seperti pengemudi angkutan umum seperti taksi dan sebagainya," ucap Kombes Pol Sambodo.

Lebih lanjut, Kombes Pol Sambodo mengatakan bantuan tersebut akan diberikan setelah para sopir mengikuti pelatihan yang dipandu oleh petugas secara online di pool masing-masing. Bantuan tersebut diberikan dalam bentuk tabungan.

"Bantuannya berupa tunai, tapi kita bekerja sama dengan salah satu bank sehingga diberikan ATM dan tabungannya. Di mana ATM itu bisa digunakan untuk mengambil secara tunai ataupun ditukarkan dengan toko-toko yang sudah bekerja sama, sehingga bisa dibelikan sembako atau kebutuhan lainnya," tandas Kombes Pol Sambodo.(Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox