Jumat, 12 Juni 2020

Klarifikasi dan Respon Pihak Kampus Terkait Aksi Solidaritas Mahasiswa di Unas




Faktaexpose.com  Jakarta – Pihak Universitas Nasional (Unas) berkomentar terkait aksi solidaritas mahasiswa yang terjadi di kampus Unas, pada Rabu (10/06).

Aksi tersebut menyuarakan adanya pemanggilan beberapa mahasiswa oleh pihak kampus untuk dimintai klarifikasi terkait akun bernama unasgawatdarurat di media sosial.  Atas dasar itulah terjadi aksi oleh beberapa oknum mahasiswa yang mengatasnamakan solidaritas.

“Kami dari Unas benar memanggil beberapa mahasiswa untuk meminta klarifikasi karena mereka menulis berita tentang Unas di  Instagram maupun twitter. Kami panggil untuk meminta klarifikasi menanyakan maksud dan tujuannya karena apa yang mereka sampaikan di akun unasgawatdarurat adalah hoax atau bohong,”  jelas Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unas, Dr. Drs. Zainul Djumadin, M.Si., Kamis (11/06).

Zainul juga menegaskan, aksi yang dilakukan mahasiswa telah merusak nama almamater sehingga pihak kampus tetap akan bertindak tegas dan memberikan peringatan keras bagi mahasiswa yang melanggar. “Kami akan tetap memanggil beberapa hari ini untuk diminta klarifikasinya, biar mereka tidak jadi korban dari berita-berita yang bohong karena tugas mereka adalah belajar dengan baik,” tambahnya.

Aksi tersebut pada akhirnya berhasil dilerai oleh petugas keamanan. Di sisi lain, Unas juga masih melarang adanya aktifitas atau perkumpulan mahasiswa di area kampus akibat pandemi Covid-19. “Terlebih kondisi sekarang yang tidak memungkinkan untuk kumpul-kumpul karena pandemi, hal ini sangat disayangkan karena kami terus mengikuti edaran pemerintah dalam tatanan new normal,  jadi UNAS tidak memperbolehkan adanya kegiatan apapun di area kampus,”. Dalam aksi tersebut, terdapat oknum mahasiswa yang diamankan karena dianggap memprovokasi sehingga membuat demonstrasi berakhir ricuh. Pihak kampus telah berkoordinasi dengan kepolisian tutup Zainul.

Adapun tuntutan mahasiswa tersebut berawal dari keinginan adanya pemotongan biaya kuliah berlebih dan transparansi keuangan oleh pihak kampus. Sebelumnya, Unas pun telah memberikan potongan uang semester sebesar Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah) kepada seluruh mahasiswa aktif untuk bantuan kuota. Hal tersebut merupakan bentuk kepedulian Unas terhadap mahasiswa yang sedang melakukan kuliah online atau daring selama pandemi Covid-19.

Selain itu ,Unas juga memberikan bantuan tambahan sebesar Rp. 150.000,- (seratus lima puluh ribu rupiah) dalam bentuk pengurangan biaya kuliah pada semester berjalan Tahun Akademik 2019/2020. Bantuan tersebut diberikan bagi mahasiswa yang terkena dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19.(Nurhadi/antn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox