Selasa, 07 Juli 2020

Baznas Bazis Jakarta Timur Serahkan 43 Rumah Warga Duafa Selesai Direhab Total Senilai Rp 2,15 Miliar




Faktaexpose.com Jakarta -Baznas Bazis DKI Jakarta mulai menyerahkan kembali 43 rumah warga duafa tak layak huni di Jakarta Timur telah selesai dibangun kembali oleh  Baznas Bazis DKI dengan dana Rp 2,15 Miliar. Jumlah itu merupakan bagian dari 91 rumah milik warga duafa di Jakarta Timur yang masuk dalam program bedah rumah oleh Baznas Bazis DKI  di Jaktim tahun 2020 dengan anggaran total Rp 4,55 Miliar.

Aminudin selaku Kordinator Baznas Bazis Jakarta Timur mengungkapkan hal itu pada penyerahan kembali 2 rumah warga duafa yang selesai direbabilitasi total dalam syukuran di Gedung PAUD Bougenvile  di RW 02 Kelurahan Kayumanis, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur,   Senin (6/7/2020).

Kunci rumah secara simbolis diserahkan Aminudin kepada Kepala Seksi Kesra dan Pemberdayaan Ekonomi  Kecamatan Matraman Hery Mediansyah  dan diteruskan kepada pemilik rumah masing masing M Eddy Djunaedi (50) warga RT 07/02 dan Salamah (45) RT 19/02 Kayumanis, Matraman.


Hadir menyaksikan penyerahan kembali kunci rumah tersebut  Sekretaris Kelurahan Kayumanis Afan Afian dan Kasie Kesra Kelurahan Kayumanis Sri, Ketua RW 02 H.Eko Kusumawan SE dan Ketua RT masing masing.

Lebih lanjut Aminudin menjelaskan, 48 rumah lainnya sedang dalam proses dibangun dan verifikasi.
Memang diakui oleh Aminudin, proses bedah rumah ini sempat tertahan sebulan akibat terkendala pandemi Covid 19 dan PSBB. "Untuk itu kami mohon maaf. Waktu itu sulit cari tukang setelah Lebaran," kata Aminudin.

Ia juga mengingatkan program bedah rumah bagi warga duafa  ini dapat terlaksana berkat masyarakat  yang membayar zakat, infaq dan shodaqoh melalui Baznas Bazis yang berada di kelurahan dan wilayah kota  masing masing.

Lanjut Aminudin, tahun 2019 yang silam Baznas Bazis Jakarta Timur berhasil mengumpulkan ZIS Rp 16,16 miliar lebih. Hasil itu tertinggi dibanding Baznas Bazis di 4 kota administrasi Jakarta lainnya dan Kabupaten Kepulauan Seribu.
"Alhamdulillah  tahun 2020  sampai Juli ini sudah terkumpul Rp 12,24 miliar," ujar Aminudin.

Hery Mediansyah yang juga dikenal sebagai  jago kampanye zakat, infaq dan shodaqoh,  atas nama masyarakat kecamatan Matraman menyampaikan terimakasih kepada Baznas Bazis DKI maupun Jaktim yang telah membantu warganya. Untuk itu secara simbolis Hery menyerahkan potongan tumpeng kepada koordinator Baznas Bazis Jaktim Aminudin.


Pemilik rumah Eddy yang berprofesi tukang ojek dan Salamah sebagai swasta menyampaikan terimakasih. "Sempat bingung keadaan lagi sulit harus merehab rumah yang sudah rusak parah. Untung ada bantuan ini," kata Eddy yang menempati rumah ukuran 30-an m2 bersama isteri dan 3 anaknya itu.

Ketua RW 02 Kayumanis Eko Kusumawan mengakui kemanfaatan Baznas Bazis dan mengharapkan warga ikut mengkampanyekan zakat, infaq dan shodaqoh.
"Kita harapkan dengan ini para mustahiq penerima bantuan dapat menjadi mustahiq yang mampu memberikan bantuan," ucap Eko.

Usai acara tersebut Aminudin bersama relawan meluncur ke daerah Condet, Kecamatan Kramatjati untuk menyurvei rumah duafa  yang memohon bantuan bedah rumah.

Kemudian sore harinya usai survei Amin mengungkapkan kondisi rumah tersebut memang tidak layak huni. "Hemmm, memprihatinkan," desisnya sambil mengelus dada.(red/Ichsan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox