Jumat, 24 Juli 2020

Baznas Bazis Jaktim Himpun ZIS Rp 14 M, sebanyak 646 Mahasiswa Penerima Bea Siswa Setorkan Tabungan Amal




Faktaexpose.com Jakarta-Sebanyak 646 mahasiswa perguruan tinggi penerima beasiswa Baznas Bazis Jakarta Timur  selama ini telah belajar menjadi muzaki atau pembayar zakat , infaq dan sedekah. Caranya tidak serentak melainkan sedikit demi sedikit menyisihkan uang sakunya dimasukkan ke kaleng tabungan. Tiap tiga bulan sekali tabungannya dipecah dan isinya disetor ke Baznas Bazis Jakarta Timur. "Demikian diungkapkan oleh Koordinator Baznas Bazis Jakarta Timur Aminudin, Kamis (23/7/20).

"Hasilnya setiap mahasiswa  bervariasi, ada yang hanya Rp 50.000,- selama tiga bulan. Tetapi ada yang mencapai Rp 200.000,- Yang sampai banyak seperti itu karena dia besedekah bareng bareng dengan keluarga dan teman temannya," kata Aminudin.

Sementara itu koordinator mahasiswa penerima beasiswa tersebut ketika ditemui di kantor Baznas Bazis Jakarta Timur Rabu (22/7/20) mengakui,  pekan ini saatnya para mahasiswa  setor sedekah ke Baznas Bazis Jakarta Timur.

"Ada jadwalnya tiap hari untuk mahasiswa dari kecamatan mana saja," kata Hafidz , mahasiswa Universitas Ibnu Chaldun Jakarta, Rabu (22/7/20) yang lalu.


Saat itu giliran para mahasiswa dari Kecamatan Makasar (35 orang), Pulogadung (51 orang) dan Kramat Jati  (71 orang) yang datang untuk menyetorkan tabungannya.

"Dari 35 mahasiswa Makasar terkumpul tabungan sedekah Rp 1.554.000,-  katanya

Sedangkan pada hari Jumat (24/7/20) ini, rencana mahasiswa dari Kecamatan Duren Sawit 94 orang dan terakhir Senin (27/7/2020) mahasiswa dari Kecamatan Cakung terbanyak yaitu 105 orang.

Aminnudin mengungkapkan mereka itu mahasiswa  dari berbagai perguruan tinggi diantaranya:  UI, UIC, UIA, UIN, UNJ, Unindra dan Universitas Binawan. Mereka sudah setahun menerima beasiswa Baznas Bazis dalam program MDJ atau Masa Depan Jakarta.

Mengenai hasil pengumpulan zakat,  infaq  dan sedekah (ZIS) yang terkumpul di Baznas Bazis Jakarta Timur Rp 14 Miliar lebih. Tepatnya Rp 14.036.305.898,- Jumlah itu diperoleh dari pemotongan ZIS sebesar 2,5% TKD para Aparat Sipil Negara (ASN), para pengusaha dan Mapgar yang diedarkan ke masyarakat RT/RW oleh Kelurahan masing masing.(red/Ichsan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox