Jumat, 24 Juli 2020

Walikota Jaktim Bagikan Sebanyak 100.000 Bongsang Wadah Ramah lingkungan Pengganti Plastik Seperti Era 80an




Faktaexpose.com Jakarta-Walikota Jakarta Timur, Muhammad Anwar membagikan  sebanyak 100.000  Bongsang atau keranjang yang terbuat dari anyaman bambu kepada Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) di setiap masing -masing Kecamatan se-Jakarta Timur.

Bertujuan dalam rangka menghadapi hari raya Idul Adha 1441 Hijriah dan melaksanakan Pergub terkait tentang mengurangi penggunaan kantong pelastik.

Pembagian Bongsang tersebut merupakan bantuan dari Baznas Bazis Pemkot Jakarta Timur, yang penyerahannya secara simbolis dilaksanakan  di depan teras Kantor Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Rabu (22/7/20).

Sebelumnya secara simbolis Bongsang tersebut diserahkan dari  Ketua Baznas Bazis DKI Jakarta  KH Lutfi Fathullah kepada  Walikota Jakarta Timur, Muhammad Anwar.

Turut hadir dalam penyerahan Bongsang tersebut Camat Cakung Salahuddin, Camat Pulogadung Bambang Pangestu, Kepala Sudin KPKP Jakarta Timur dan Kasubbag Dikmental Jaktim Dwi Busara dan para lurah se Jakarta Timur


Menurut  M. Anwar, ratusan ribu bongsang tersebut merupakan bantuan dari Baznas Bazis DKI Jakarta kepada seluruh DKM di 10 kecamatan yang ada di Jakarta Timur. Bongsang tersebut untuk digunakan sebagai wadah daging kurban yang akan dibagikan ke masyarakat di saat perayaan Idul Adha 1441 Hijriah

Selain itu dikatakan Walikota M Anwar bahwa penggunaan Bongsang Ini juga merupakan salah satu upaya Pemerintah dalam rangka mengedukasi kepada masyarakat khususnya di Jakarta timur untuk mengurangi penggunaan kantong  pelastik.

 "Wadah bongsang ini mengingatkan saya  kembali ke masa tahun 1980 an, kalau kita beli buah-buahan wadahnya pakai bongsang,"kata Walikota M. Anwar.


Sementara itu Ketua Baznas Bazis DKI Jakarta  KH Lutfi Fathullah mengatakan dengan syiar keagamaan di hari raya idul Adha, Baznas Bazis Pemkot Jakarta Timur, setiap tahunnya  selalu membantu menyalurakan dan menerima herwan Qurban untuk diserahkan kepada kaum duafa yang berhak menerimanya.

" Baznas Bazis DKI Jakarta sampai saat ini, baru bisa membantu bongsangnya saja.dengan nilai bantuan untuk Jakarta Timur anggarannya sebesar 80 juta," ungkapnya

Sementara itu Koordinator Baznas Bazis Jakarta Timur, Aminnudin menambahkan, penggunaan bongsang ini sesuai dengan Pergub DKI Jakarta Nomor 142 Tahun 2019 yang mengatur tentang larangan penggunaan kantong pelastik sekali pakai.

Dengan demikian Baznas Bazis DKI menginisiasi penggunaan bongsang sebagai pengganti kantong plastik sekali pakai untuk mendistribusikan daging kurban kepada masyarakat di DKI Jakarta. Dan pengadaan bongsang ini berasal dari dana bantuan syiar keagamaan Baznas Bazis DKI Jakarta.

"Dari 101.000 bongsang ini nantinya masing-masing kecamatan mendapatkan 10 ribu. Sedangkan sisanya 1.000 bongsang dibagikan ke Masjid Al Muhyi Kantor Walikota Jakarta Timur," ucap Aminunudin

Penerima Bongsang Ustadz Ahmad Mursidi selaku penasehat DKM Masjid Al Ikhlas, RW 013 Penggilingan yang hadir saat pembagian bongsang di Kecamatan Cakung mengaku telah menerima 100 bongsang.

“Tapi di masjid kami biasanya membagi daging kurban kepada 1.000 orang mustahik. Jadi harus nambahi sendiri,” pungkasnya.(red/Ichsan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox