Minggu, 30 Agustus 2020

Ketahanan Pangan, Polres Metro Tangerang Kota Panen Raya di Sepatan Timur



Faktaexpose.com TANGERANG - Aparat kepolisian dari Polres Metro Tangerang Kota menggelar 'Panen Raya' padi bersama kelompok tani Kampung Malang di Desa Gempolsari, Kecamatan Sepatan Timur, Kabupaten Tangerang, Banten, Sabtu (29/8/2020) pagi.

Kapolres Tangerang Kota, Kombes Pol Sugeng Hariyanto yang memimpin langsung panen raya mengatakan, kegiatan yang dipromotori oleh pihaknya bersama kalangan petani itu merupakan salah satu wujud penguatan ketahanan pangan bagi masyarakat.

"Kita sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh warga di Sepatan Timur (panen raya), karena sejalan dengan program Presiden RI terkait ketahanan pangan ditengah pandemi covid-19," ujar Sugeng.

Menurut alumnus AKABRI 94 itu, dalam kondisi seperti ini perekonomian sangat berpengaruh. Namun, kata dia, masyarakat memiliki keinginan bagaimana bisa membangun ketahanan pangan secara mandiri di wilayah tersebut.

Hadir dalam kegiatan, Waka Polres Metro Tangerang Kota dan para pejabat utama, Kapolsek Sepatan AKP I Gusti Sugiarto, Danramil Sepatan, anggota DPRD, Camat Sepatan Timur, Lurah Gempolsari, para tokoh masyarakat, tokoh agama dan Ormas.

Orang nomor satu di jajaran Polres Metro Tangerang Kota itu menyebut, untuk luas wilayah yang dimanfaatkan dalam panen raya oleh warga seluas 20 hektar. Dengan perkiraan hasil panen sekitar 100 sampai dengan 110 ton.

"Nantinya hasil panen ini sebagian akan dimanfaatkan oleh masyarakat sendiri, dan sebagian akan didistribusikan ke wilayah-wilayah lain yang memang membutuhkan," terang Sugeng.

Kendati demikian, perwira menengah Polri dengan melati tiga dipundaknya itu tidak menampik, keberhasilan dalam panen raya ini tak luput dari dukungan unsur TNI-Polri, Muspika Sepatan Timur, Dinas Kabupaten Tangerang dan anggota DPRD Kabupaten Tangerang.

"Intinya ini adalah kolaborasi stakeholder, karena sebagian lahan ini adalah lahan pinjaman salah satu pemilik swasta yang bisa dimanfaatkan masyarakat," jelas Sugeng, lengkap.

Pria kelahiran Jawa Timur itu berharap, program ketahanan pangan tersebut dapat dirawat serta berkelanjutan. Pasalnya, kata dia, wabah Covid-19 belum diketahui pasti kapan akan berakhir.

"Kepada masyarakat saya mengucapkan terimaksih, karena memiliki keinginan dan kemampuan dalam mengelola ini. Para petani diharapkan bisa terus memanfaatkan lahan yang ada di sini sehingga hasilnya dapat dimanfaatkan oleh petani dan warga sekitar," pungkasnya.

Dari pantauan dilokasi, selain melakukan panen raya padi secara simbolis, dalam kegiatan itu Kapolres Metro Tangerang Kota memberikan bantuan kepada kelompok tani berupa alat bantu pertanian jenis mesin penyedot air.
(Red/Pri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox