Sabtu, 24 Oktober 2020

Dandim 0825/Banyuwangi Bersama Anggota Laksanakan Penanaman Seratus Batang Pohon Jati


Faktaexpose.com Banyuwangi-Bertempat di Lahan Perhutani Desa Karetan Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi telah dilaksanakan penghijauan di lahan perhutani petak 68  luas 52 H sebanyak seratus batang pohon jati oleh Kodim 0825 Banyuwangi. Sekitar 250 orang personil melaksanakan Ground Breaking Penanaman Perdana 2020/penghijauan di pimpin Letkol Inf Yuli Eko Purwanto Dandim 0825 Banyuwangi.sabtu (24/10/2020)


Kegiatan tersebut dihadiri oleh Letkol Inf Yuli Eko Purwanto Dandim 0825 Banyuwangi, Kapten Inf Edy Hariyono Pasi Ter Kodim 0825 Banyuwangi, Kapten Inf M. Dahlan Danramil 0825/18 Purwoharjo, Dr Ahmad Laini M Si, Camat Purwoharjo, Akp Endro Abrianto. S.sos Kapolsek Purwoharjo, Nur Budi Setya ADM/KPPH sektor selatan,Hari Jatmiko Wakil ADM sektor selatan, Widodo Asper wilayah Purwoharjo,  joko Asper Genteng,Harno Asper Curah jati, Mahput Asper Pesangaran, Acdas Asper Sukamade,  Hariyanto Asper  Pedotan, Edi purwanto Asper Blangbangan dan  Bonari Kepala Desa Karetan


Penanaman pohon Jati bertujuan untuk mengganti  kembali pohon yang sudah rusak dan mengantisipasi adanya bahaya Banjir. Kegiatan yang dilaksanakan adalah sebagai upaya mendukung program penghijauan yang dicanangkan pemerintah maupun oleh TNI AD secara serentak melalui serbuan teritorialnya,” ungkap Babinsa Serma Hendrik Sujadi


Dijelaskan pula, melalui penghijauan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi keseimbangan alam, sebab menanam pohon sama juga dengan menghijaukan kembali alam, dengan demikian lingkungan akan menjadi sejuk, segar, asri dan mencegah terjadinya longsor.


“Tidak hanya itu saja, masih banyak lagi manfaat yang diperoleh. Momen ini dapat juga sebagai wahana mengajarkan kepada generasi muda untuk mencintai alam, dengan mencintai alam maka kehidupan akan nyaman. Menanam sama juga menabung untuk hari depan. Pohon yang sudah ditanam sekarang suatu saat nanti kalau sudah besar dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bersama masyarakat Desa Karetan,” ujarnya.


Letkol Inf Yuli Eko Purwanto Dandim 0825 Banyuwangi, menyampaikan,"Dalam kegiatan Reboisasi di wilayah kawasan Hutan kegiatan ini merupakan keperdulian dan kesungguhan Kodim 0825 terhadap pemerentah daerah yang selalu ber peran aktif dalam mewujudka terhadap masyarakat,"ucapnya


Saya berharap kegiatan lingkungan hidup dengan penanaman pohon jati ini benar benar ber mampaat bagi kelestarian lingkungan, masyarakat sekitar, bukan sekedar serimonial saja juga di pelihara untuk penerus nenerasi kita kedepan. Dan dapat dirasakan mampaat nya oleh anak cucu kita di masa mendatang,"pungkasnya.


Camat Purwoharjo Drs. Ahmad Laini M Si, ditemui terpisah mengatakan, akar tanaman Jati yang kuat akan memperkokoh kondisi tanah sehingga akan menahan terjadinya longsor sehingga diwaktu penghujan akar pohon-pohon akan menyerap air, sekaligus sebagai cadangan saat musim kemarau sehingga air tidak sulit,” kata Samalam sembari menambahkan.


Kegiatan yang berlangsung mulai pagi diikuti 250 personel dari jajaran Koramil sejajaran Banyuwangi secara bersama-sama menanam pohon Jati dengan penuh semangat dan keceriaan, sehingga  pekerjaan dapat selesai dalam waktu singkat.(ynto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox