Rabu, 21 Oktober 2020

Kapolri Berikan Kenaikan Pangkat 25 Pati, 5 Brigjen Ke Irjen Dan 20 Kombes Ke Brigjen

JAKARTA - Kapolri Jenderal Idham Azis memberikan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi kepada 25 perwira tinggi (Pati) Polri. Upacara kenaikan pangkat itu dipimpin Idham di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (20/10) pagi.



Kenaikan pangkat tersebut berdasarkan surat telegram Kapolri bernomor STR/703/X/KEP./2020 tertanggal 19 Oktober 2020.

"Terdapat 25 perwira tinggi yang mendapat kenaikan pangkat," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan melalui keterangan resmi, Selasa (20/10).


Ahmad merinci pati yang mendapat kenaikan pangkat terdiri atas 5 orang dari Brigadir Jenderal (Brigjen) menjadi Inspektur Jenderal (Irjen), dan 20 lainnya berasal dari pangkat Kombes menjadi Brigjen atau bintang satu.


Merujuk pada telegram Kapolri yang diterbitkan itu, lima jenderal polisi yang kini berbintang dua adalah Irjen Didit Prabowo, Irjen I Ketut Argawa, Irjen Sudarsono, dan Irjen Yakobus Marjuki dalam jabatannya sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama TK. I Sespim Lemdiklat Polri.

Dan, Irjen Pol Abdul Hasyim Gani dalam jabatannya sebagai pati Bareskrim Polri, penugasan pada Kementerian Perdagangan.

Kemudian, 20 perwira menengah (pamen) yang kini dinaikkan menjadi Pati adalah Brigjen Sutardjo, Brigjen Suradiyana, Brigjen Deddy Setiabudi, Brigjen Heri Maryadi, Brigjen Ruslan Aspan, Brigjen Agus Pranoto, dan Brigjen Hendri Marpaung.

Lalu, Brigjen I Ketut Suardana, Brigjen Didik Agung Widjanarko, Brigjen Yudhiawan, Brigen Mardiyono, Brigjen Petrus Patrige Rudolf Renwarin, Brigjen Kumbul Kusdwijanto Sudjadi, dan Brigjen Viktor Theodorus Sihombing.

Selanjutnya Brigjen Agung Yudha Wibowo, Brigjen Golkar Pangarso Rahardjo Winarsadi, Brigjen Suhendri, Brigjen I Gusti Kade Budhi Harryarsana, Brigjen Bahtiar Ujang Purnama, dan Brigjen Yoyon Tony Surya Putra.



Ahmad menerangkan dalam mutasi sebelumnya juga terdapat sejumlah personel Polri yang ditempatkan untuk mengisi jabatan di luar institusi Polri.

"Seperti BNN (Badan Narkotika Nasional), KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), Kementerian Perdagangan, dan Kementerian PANRB," katanya.

Sebelumnya, pada 30 September lalu, dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR RI, Idham mengungkapkan kondisi surplus pati dan pamen dengan pangkat kombes di lingkungan Polri.

"Kombes surplus 288 dan perwira tinggi surplus 213 orang," kata Idham kala itu di hadapan anggota dewan.

Sebagai informasi, perwira tinggi adalah golongan pangkat pada tingkatan perwira yang paling tinggi di tubuh organisasi Polri. Biasanya, pati ditandai dengan pemakaian bintang di pundak.

Dalam golongan ini setidaknya ada empat pangkat tinggi yang dapat ditembus aparat kepolisian yakni Brigadir Jenderal (Bintang 1), Inspektur Jenderal (Bintang 2), Komisaris Jenderal (Bintang 3), dan Jenderal (Bintang 4).

Untuk mengatasi surplus pati dan Kombes tersebut, Idham mengaku Polri sudah mulai berbenah dengan mengimplementasikan 13 komponen penilaian dalam melakukan mutasi dan promosi anggota.

(red)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox