Senin, 16 November 2020

Karo Bangkit melalui UMKM dengan mengurus Legalitas Perizinan dan Dapatkan Bantuan Presiden Jokowi

Tanah Karo-Saat ini UMKM menjadi salah satu yang diprioritaskan oleh pemerintah. Adanya UMKM ini diharapkan bisa meningkatkan perekonomian yang ada di Indonesia. 

UMKM merupakan suatu usaha dalam bidang ekonomi terutama dagang yang dikelola oleh suatu badan usaha atau individu yang memenuhi kriteria usaha mikro,  usaha kecil dan usaha menengah. 

Kementerian Koperasi dan UMKM telah melu


ncurkan program bantuan presiden produktif usaha mikro (BPUM).  

Di Kabupaten Karo khususnya, menurut Investigasi melaui Bintang Karunia Organizer (BKO), sejak Agustus 2020, pandemik Covid 19 sudah sangat berdampak kepada Perekonomian di Kabupaten Karo, bisa disimpulkan menjadi krisis baru, ekonomi lesu dan masyarakat kebanyakan mengalamai kebuntuan dalam hal pemecahan masalah ekonomi. Tengah situasi erupsi Gunung Sinabung sudah lebih 10 Tahun, belum tau sampai kapan berakhirnya. 

Krisis baru disebabkan karena anjloknya harga-harga tanaman holtikultura dan hasil bumi yang berorientasi ekspor khususnya Kopi dalam kurun waktu yang panjang.  Lain sisi, Petani di dataran tinggi Karo selama ini masih berciri sebagai petani murni, bisa-nya hanya menanam, petani pada umumnya tidak menguasai pasar dan petani belum terbiasa dengan usaha agro industri, pengolahan hasil bumi menjadi produk jadi atau setengah jadi, adapun yang baru memulai masih Produk Kopi. Isu Pandemik Covid 19 juga melulu-lantakkan usaha Jasa Pariwisata dsn usaha jasa Entertaniment di Kabupaten Karo. 

Tugas mendesak kita saat ini adalah Legalitas Usaha, sekali lagi Legalitas! 

banyak kalangan pengusaha selama ini sudah memulai kegiatan usahanya tetapi tidak mengurus izin usahanya, karena banyak hal dan ada sebab. Kali ini, kita tidak mengupas hal tersebut, kita fokus kepada hal ayo bergerak Urus Izin, dan tim kita sudah siap membantu dan menggerakkan guna mempercepat hal tersebut, hingga sampai menyambungkan ke Dinas terkait dan Bank BRI sebagai mitra Kementerian Koperasi dan UMKM dalam menyalurkan bantuan tersebut. 



Pemuda harus memotori gerakan tersebut hingga kita buktikan Karo bisa dan Karo bisa bangkit dari Krisis Baru ini dengan tumbuh berkembangnya UMKM di Karo, dengan memiliki legalitas dan kegiatannya hidup serta pemeritah hadir dalam kegiatan usaha tersebut,  programnya terukur dan terpromosikan dengan baik. 

Kita memiliki modal utama yakni, petani sangat melek dengan penggunaan perangkat IT khususnya Android, lebih 2000 Kedai Kopi di Kabupaten Karo dan hampir separoh sudah memilillki layanan WIFI Gratis serta Tingkat kepedulian terhadap kampung asal bagi orang Dataran Tinggi Karo yang sudah merantau sangatlah tinggi, ditandai dengan aktifnya berbagai komunikasi di group media Sosial. 

Terakhir, Presiden Jokowi tercatat menang telak 92 % dalam pemilu 2019, kunjungan perdanyanya  adalah Tanah Karo, dan kunjungan Presiden Jokowi sudah berkali-kali datang Ke Tanah Karo.

Ayo, kita ambil peluang ini, kita harus "jemput Bola", Saatnya Karo Bangkit!

BKO saat ini berposko di "Tiga Berastagi Hotel" di Kota Berastagi, sebagai langkah awal bisa menghubungi dari Fanpage Facebook @BintangKaruniaOrganizer, BKO dipimpin Benson Kaban, berlatar belakang sebagai Pegiat UMKM dan Koperasi, kegiatan terkini menghadirkan komoditas Ikan di Pasar Induk Laucih Medan (2019).

Sebelumnya menggagas berdirinya Koperasi Gunung Sibuaten Jaya (GSJ) di Karo (2018),  Koperasi Pinang Nusantara (KPN) di Kuala Tungkal, Jambi (2017), Menggagas berdirinya AAI (Asosiasi Aren Indonesia) tahun 2016 melaui lembaga Forum Bumi Hijau (FBH) di Buluh Awar Sibolangit, kini berpusat di Jakarta dan dalam tahun yang sama melakakan Pengembagan TWA Lau Debuk-debuk dengan mengadakan event Erpangir Ku Lau dan Menggagas dan mendirikan AKTK (Asosiasi Kopi Taneh Karo) tahun 2015, sebelumnya tahun 2011 mendirikan Komunitas Sinabung Coffee menggerakkan Petani menam Kopi ditengah Erupsi Sinabung yang tidak tau kapan berakhir, mensosialisasi kopi sebagai tanaman yang paling tahan dari hantaman abu vulkanik dan mengarahkan bantuan-bantuan bibit kopi ke Petani khususnya di ring Sinabung dan tahun 2014 sudah mampu mengikuti pameran pada event MICF (Medan International Coffee Festival) dengam membawa Brand Kopi Karo dalam Stand Sinabung Coffee. 

kegiatan Saat ini terfokus di Dataran Tinggi Karo, mengkonsolidasi kegiatan selama 9 tahun dan memaksimalkan agar berdayaguna bagi kolektif dan pegiat personal yang berjuang. Dalam rangka menopang program Ini, Benson Kaban juga aktif di Organ Relawan Jokowi bernama Galang Kemajuan Center (GK Center), sebagai Ketua tingkat wilayah Sumatera Utara dan aktif di Partai NasDem sejak Oktober 2020, saat ini sebagai wakil ketua bidang Ekonomi di DPC NasDem Kabanjahe. (ds/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox