Kamis, 19 November 2020

Sat Reskrim Polres Jakarta Barat Berhasil Ungkap Penggelapan Rental Mobil

JAKARTA - Sat Reskrim Polres Jakarta Barat berhasil ungkap tindak pidana penggelapan 16 mobil rental yang dilakukan 3 orang tersangka 1 wanita berinisial YT (40), AM (25) dan AR (44).

Menurut penjelasan Kapolres Jakarta Barat Kombes Audie Lattuheru kepada wartawan kamis siang dalam jumpa persnya," awal dari modus perbuatan dari 3 tersangka, dimana tersangka YR berpura pura menyewa mobil dari para korban, setelah itu kendaraan di kuasai, kemudian tersangka YR menyuruh AM dan AR untuk menggadaikannya di wilayah Pandeglang, Serang Banten," kata Audie, Kamis (19/11).

Audie kembali tambahkan, modus kejahatan penggelapan tersebut dilakukan para tersangka pada tanggal (06/9/2020) di jalan Prepedan No.24 RT02/07 Kelurahan Kamal Kecamatan Kalideres Jakarta Barat.

Awalnya dengan cara  sewa rental mobil milik korban Vivi Oktviani merk Calya merah , karena tersangka tidak melakukan pembayaran kepada korban, kemudian korban konfirmasi untuk  pembayaran penyewaan kepada tersangka, agar tersamgka melunasi pembeyaran sewa namun tersangka YR  sudah menggadaikan mobil korban kepada tersangka T didaerah Pontang, Serang Banten sebesar Rp.25. juta." ungkapnya.

Dari modus para tersangka   anggota Reskrim berhasil ungkap rental penggelapan  yang dilakukan  banyak korban lainnya.

Ditambahkan Kasat Reskrim Kompol Tengku Arsya Khadafi, tersangka sudah melakukan perbuatannya 1 tahun dengan berhasil menggelapkan 16 unit mobil, dan sudah kami dapatkan pencariaan 8 unit mobil yang kami amankan, sisanya masih kami kejar." tegas Arsya.

" kami imbau bagi masyarakat agar tidak membeli barang yang  harga mencurigakan atau curian, karena dapat di jerat pasal pidana," imbau Arsya.

Dari perbuatan para tersangka, polisi menjeratnya pasal 372 KUHP atau pasal 480 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

Di akhir waktu jumpa persnya, Audie
menyerahkan barang bukti kepada para korban dengan penyerahan kunci mobil simbolis, Audie juga memberikan kemudahan kepada korban untuk pengembalian mobil  para korban untuk tidak di pungut biaya apapun.

(Yons)


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox