Kamis, 17 Desember 2020

Bekali Pengetahuan Praktis dan Tumbuhkan Semangat Bela Negara, Korem 071/WK Bina Pramuka Saka Wira Kartika


Faktaexpose.com Purbalingga - Maksud diadakannya latihan kepramukaan disamping untuk membekali pengetahuan praktis, juga untuk menumbuhkan semangat bela negara guna mendorong dan meningkatkan kreasi kepramukaan kepada pemuda-pemudi pewaris masa depan bangsa. Sehingga nantinya dapat menjadi manusia yang berkepribadian luhur, berjiwa Pancasila dan mencintai tanah airnya.


Hal tersebut, diterangkan Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin, S.I.P., dalam sambutannya pada Pembukaan Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika Tingkat Korem 071/Wijayakusuma Tahun 2020, Kamis (17/12/2020) di Bumi Perkemahan Munjulluhur Purbalingga.


Pembinaan kepramukaan tersebut berlangsung selama sehari, diikuti perwakilan Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0702/Purbalingga, Kodim 0710/Pekalongan dan Kodim 0711/Pemalang, dengan mengambil tema "Membentuk Generasi Muda yang Berkarakter dan Berwawasan Kebangsaan".


Dikatakan Danrem, sesuai tema yang diambil maka sasaran yang hendak dicapai terwujudnya generasi muda Indonesia yang memiliki kepribadian Pancasila yang memiliki pengetahuan, ketrampilan dan kesadaran dalam membela negara serta peduli dan bertanggungjawab pada nilai-nilai kepribadian bangsa dan negara Indonesia.

Dijelaskan oleh Kolonel Lagan, bahwa dilaksanakannya pembinaan Pramuka ini, kita menilik terkait perkembangan era globalisasi saat ini dengan perkembangan Iptek dan informasi yang pesat sehingga membuat kehidupan menjadi semakin transparan yang seolah-olah tidak ada lagi pembatas ruang, tempat dan waktu bagi kita. Setiap peristiwa penting yang terjadi di dunia dapat diakses dan diketahui secara cepat melalui media. Karenanya, fenomena seperti ini tentunya akan membawa dampak bagi generasi muda bangsa baik yang positif maupun negatif. Dampak tersebut dapat bersifat perubahan dalam berfikir, bersikap dan bertindak dalam kehidupannya. "Mengacu pada hal tersebut, Korem 071/Wijayakusuma melalui kegiatan kepramukaan ini, kita bina dan bekali mereka generasi muda kita, agar mereka tetap konsisten pada jati dirinya, jati diri sebagai generasi muda bangsa yang berjiwa Pancasila dan mencintai bangsa serta tanah airnya", pungkasnya.


Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika Korem 071/Wijayakusuma meliputi Lima Krida Saka Wira Kartika yakni Krida Navigasi Darat, Krida Survival, Krida Mountainering,  Krida Pioneer dan Krida Penanggulangan Bencana, serta dilaksanakan dengan selalu menerapkan Protokol Kesehatan dimasa pandemi Covid-19.(red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox