Minggu, 27 Desember 2020

Sambut Sukacita Natal, Warga Kampung Gambut Bersama Satgas Yonif MR 413 Kostrad Gelar Acara Bakar Batu





Faktaexpose.com Jayapura-Papua.Dalam menyambut sukacita perayaan hari Natal 2020, warga Kampung Gambut Distrik Muara Tami Kota Jayapura bersama Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad Pos Bendungan Tami menggelar acara Bakar Batu.


Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad Mayor Inf Anggun Wuriyanto, S.H., M.Han. dalam konfirmasinya di Distrik Muara Tami Kota Jayapura, Papua, Jumat (25/12/2020) menyampaikan bahwa acara yang digelar sehari sebelum perayaan Natal ini disambut sukacita dan penuh kedamaian oleh para penduduk Kampung Gambut. 


"Ya, acara Bakar Batu itu ditujukan dalam rangka menyambut sukacita perayaan Natal. Salah satu Pos jajaran Satgas Yonif MR 413 Kostrad yaitu Pos Bendungan Tami juga turut dalam memeriahkan acara tersebut," kata Mayor Anggun.


Seperti yang diketahui, bahwa acara Bakar Batu merupakan suatu tradisi penting di Papua yang berupa ritual memasak bersama-sama dengan tujuan bersyukur, bersilaturahim, dan menyambut hari besar termasuk salah satu diantaranya Perayaan Natal. 


"Kegiatan ini juga merupakan bentuk toleransi antar umat beragama dan kami selaku penjaga Perbatasan RI-PNG di wilayah Kampung Gambut turut larut dalam sukacita yang mereka rasakan," tambah Dansatgas.


Sementara itu dibeberkan oleh Letda Inf Bayu Dwigantara selaku Komandan Pos Bendungan Tami tentang bahan pokok makanan di acara Bakar Batu tersebut. Setidaknya terdapat 5 ekor Babi, puluhan kilo sayur dan umbi-umbian. "Ini terbilang mewah dan termasuk acara besar yang biasanya digelar dalam acara Bakar Batu," ucapnya.


Selaku tokoh masyarakat Kampung Gambut yang juga sebagai penyelenggara acara Bakar Batu, Yalimo Kogoya (56) menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Satgas Yonif MR 413 Kostrad yang turut berpartisipasi dalam acaranya. "Terima kasih atas bantuan Satgas, semoga dalam perayaan Natal ini, kita semua senantiasa diberikan kedamaian dan kasih," ujarnya.


Autentikasi : Pen Satgas Yonif Mekanis Raider 413/Bremoro

[27/12 15.17] Pns Ahmad: Dengan hormat dikirimkan berita TNI, terima kasih atas bantuannya. 


Jayapura, 27 Desember 2020                                                                                           Nomor : SP-184/XII/2020


Satgas Yonif MR 413 Kostrad Bantu Masyarakat Perbatasan RI-PNG Bangun Pagar Masjid


(Jayapura-Papua). Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad Pos Ramil Tami bersama masyarakat bergotong royong membangun pagar Masjid Al-Aqsho di Kampung Skouw Sae Distrik Muara Tami Kota Jayapura.


Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad Mayor Inf Anggun Wuriyanto, S.H., M.Han dalam rilis tertulisnya di Distrik Muara Tami Kota Jayapura, Papua, Minggu (27/12/2020) menyampaikan bahwa pembangunan pagar Masjid Al-Aqsho yang dilakukan oleh Personel Pos Ramil Tami bersama masyarakat merupakan wujud Kemanunggalan TNI-Rakyat. 


"Perbantuan tenaga yang kami berikan wujud Kemanunggalan TNI-Rakyat, kami tidak pernah sekali-kali membedakan Agama, ras dan golongan karena semuanya adalah saudara kami," ucap Mayor Anggun.


Lettu Inf Warmu selaku Danpos Ramil Tami mengatakan, penjelasannya mengenai kegiatan pembangunan pagar di Masjid Al-Aqsho tersebut. "Kami bersama masyarakat membangun pagar ini dengan harapan membuat sistem keamanan baik dari oknum yang ingin berbuat jahat maupun binatang peliharaan yang sering berkeliaran di area masjid," jelasnya.


Hal senada juga dilontarkan salah satu warga masyarakat Kampung Skouw Sae Bapak Junaidi (52) terkait pembangunan pagar tersebut. "Saya sangat setuju Masjid ini dibangun pagar, selain menambah keindahan masjid, juga saya berharap tidak ada lagi binatang peliharaan atau liar yang sering masuk di teras Masjid, kami ingin lebih khusyuk dalam beribadah," katanya. 


Autentikasi : Pen Satgas Yonif Mekanis Raider 413/Bremoro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox